Saturday, May 21, 2011

Art performing




MANGKUNEGARAN poenya

Solo,
20 mei 2011 adalah hari kebangkitan nasional , hari dimana biyasanya banyak para siswa upacara bendera, tapi kali ini sy tidak merayakannya karena saya bukanlah siswa lagi .
Di hari itu banyak sekali teman teman saya yang sedang bersuka cita, termasuk saya. J
Salah satu suka cita kota solo adalah dengan diadakannya mangkunegaran performing art, yang di adakan di mangkunegaran. Tepatnya acara itu pada jumat malam 20mei2011 pukul 19:00 . namun pertunjukan ini tidak ada hubungannya dengan Hari Kebangkitan Nasional. Hehee…^^
Awalnya aku seneng aku di undang kesitu, namun aku bingung, sama siapa aku kesana padahal aku belum tau tempatnya. Dan untung saja ALLAH menghadirkan seorang kawan yang saat itu dapat menemani ku menyaksikan performing art. Namanya HAJAR NURCAHYANINGTYAS, dia temen SMA ku. Thanks ya HAJAR J
Yuk cerite..
Mangkunegaran mempersembahkan tari tarian adat yang akan digelar selama 2 hari, yaitu jumat malam dan sabtu malam.
Pembukaan Mangkunegaran performing art tepat malam sabtu kemarin (20mei2011) . Yang membuat saya bangga disitu adalah, pembukaan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan INDONESIA RAYA !! sungguh membuatku terkesan saat itu J hidup indonesia !! jaya !!
Yang kemudian dilanjutkan pengesahan oleh Gusti Pangeran Haryo Herwasto Kusumo, dengan memukul alat music apa itu namanya.(:?)
Selanjutnya acara pertunjukan tari-tarian. Diantaranya adalah : Tari Gambyong Pareanom Mangkunegaran , Tari Srimpi Pandelori , Tari Wireng Narayana Kalakresno , Bregodo Pareanom. Selain tari tarian, juga ada bazaar makanan khas kraton juga lhooo…
Berikut keterangan lebih lanjut :

TARI GAMBYONG PAREANOM MANGKUNEGARAN
dalam tarian ini, para penari tadak lagi menggunakan kemben, tetapi memakai mekak dengan memakai canam. Kalo dilihat-lihat hamper sama sih sih dengan kemben. Pareanom digambarkan dari seragam kostum yang dikenakan yaitu kuning hijau, yang artinya muda.

TARI SRIMPI PANDELORI
Tarian ini mengisahkan tentang pertempuran antara 2 dewi yang memperebutkan seorang pangeran. Aduh lupa namanya. Yang ahirnya dalam pertempuran tersebut tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Ahirnya keduanya diperistri oleh pangeran tersebut.

TARI WIRENG NARAYANA KALAKRESNO
Tari Wireng Narayana Kalakresno itu mengisahkan perjuangan Narayana saat melamar Dewi Rukmini, yang dipersyaratkan harus menjadi seorang raja terlebih dahulu.

TARI BREGODO PAREANOM












Tiap tarian kira kira memakan waktu kurang lebih setengah jam. Waw !! lama niaaan.. ya inilah keunikan dari SOLO. Tari tarian ditarikan dengan lemah lembut, penuh makna dan sangat menghayati. Jadi tak heran kalo orang orang solo itu lemah lembut seperti penari. (hehee ups ^^ . . . . .


MAKANAN KHAS MANGKUNEGARAN
Berikut makanan-makanan kesukaan raja raja mangkunegaran yang di gelar disana :
Ada :
ª Lemeng
Lemeng adalah sejenis sayur. Penyajian sayur ini dengan bambu. Jadi sayur ini dimasukkan ndi dalam bamboo. Sayur ini berisi rebung, labu siam, buah oyong, dan kol.


ª Empal pedas
Empal pedas yaitu makanan mangkunegaran yang berbahan dasar daging empal. Makanan ini berasa pedas. Cocok buat lauk.


ª Dawet cendol
Tidak perlu saya gambarkan, pasti sudah tau kan ya..
Dawet cendol disini sama seperti dawet cendol yang lainnya kok. Ya dawet bersantan berhiaskan cendol-cendol didalamnya.

ª Soup lidah
Seperti hal nya sup sup yang lain. Ini hanyalah sup. Tapi sayangnya saya tidak sempat mencobanya.

ª Apem
Ya, apem adalaha makanan khas jawa dengan bahan dasar tepung ketan. Menurutku sih rasanya gurih gitu..

Ketan srikaya
Adalah makana yang berasal dari ketan dan srikaya yang diolah sebagaimana mungkin sehingga terbentuk sebuah makanan yang bernama ‘ketan srikaya’. Dan beruntungnya saya sempat mencoba merasakan makanan ini. Rasanya manis. Tetapi aroma srikaya nya tidak begitu melekat. Karena saya tidak terbiasa makanan seperti itu, jadi saya agak gimana gitu merasakannya.

ª Podang tape
Podang tape berbahan dasar tape. Seperti tape ketan , tetapi ini rasanya lebih manis dan aromanya…hm,,, wow !! saya menganggapnya ini aroma keratin banget !

Lodoh pindang
Menurutku, makanan ini bisa dibilang nasi liwet. Karena penyajian dan isi nya hamper sama dengan penyajian nasi liwet. Nasinya yang gurih menambah kenikmatan memakannya.

ª Nasi pulen
Nasi pulen adalah nasi yang pulen (lhooh.. :? ) . ya, nasi ini sangat pulen, putih pula’ ! .

ª Pekak
Pekak adalah sejenis bumbu dapur. Bahan ini diolah menjadi minuman berwarna merah. Bisa di minum dengan es atau dengan air hangat.

itulah gambar pekak yang kemudian diolah menjadi minuman.

hm... uia, sedikit cerita, pada saat pertunjukan di mangkunegaran, banyak juga toirism" dari berbagai negara. beruntungnya saya, waktu itu di ajak kenalan turis dari Pacifik, dan sangat beruntungnya saya tidak bisa berbahasa inggris dengan lancar :'(( huhuhuuu .. . . .
jadi pesan saya : "belajarlah berbahasa inggris!!" (lhoooh.. :? )











mania_edogawa

3 comments:

  1. Lagi blogwalking nih...

    Wah, poto makanannya ga kuat...
    Jd laper nih...

    Pokoknya, Solo emank mantap!

    Keep blogging. :D

    http://0sprey.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. iya nih mas..
    tp isinya msh cerite2 pengalaman sehari-hari hehe ^^ ..

    eh iya, SELAMAT ya mas jadi jawara :D !!

    siip..
    terimakasih atas kunjungannya... :)

    ReplyDelete