Sunday, February 19, 2012

WHAT a DAY TODAY

“WHAT a DAY TODAY”
perjalananku menuju kota solo memakan waktu EMPAT jam!!
#kejam!!
Sabtu, 18 februari 2012, KLATEN
Hari ini hari sabtu, pagi” aku mendapat SMS dari pak presiden bem fmipa cabinet pemberani, ada kata” begini : “kesalahan terbesar saya adalah menjadi presiden, tetapi kebanggaan terbesar saya adalah memiliki kalian para pemberani” !! :D hihiii ternyata hari ini ada sidang umum!! Tau sidang umum? Sidang umum itu sidangnya pak pres BEM oleh para DEMA [istilahnya DEMA itu MPR, dan BEM itu DPR]. Begitulah.
Beberapa menit kemudian, beberapa sms masuk dengan isi tujuan sama yaitu mengingatkan kalo hari ini ada pleno himaster [himpunan mahasiswa ilmu computer], ini merupakan agenda terakhir himaster periode 2011. Selanjutnya dilanjutkan periode 2012
BINGUNG?!!BINGUNG?!!
Aku sebagai aktipis BEM dan HIMASTER dilemma tingkat dewa !
“em…begini saja deh, aku ikut pleno himaster dulu baru ikut sidang umum!” begitu keputusanku karena mengingat sidang umum pasti nanti nyampe sore sekali dan 2 hari pula.
Oke. Sekarang posisi saya di klaten sedang tidak ada motor tapi ada helm. Berarti sabtu pagi aku ke solo naik bus. Em..pengennya sih bus Surabaya, biar bisa turun depan kampus terus dari kampus depan menuju ke mipa dengan nebeng teman, dia ‘aish’ . aku kencan sama dia, “antara jam tengah 9 sampai jam 9 ya..” . “oke” jawabnya.
Sabtu pagi pun tiba, aku bersiap siap. Ibu berkata “nyegat bis neng Classis, engko ono bis suroboyo”.
nopo iyo to?” dengan ragu aku bertanya.
ho.o mbak ita yen kerjo gaene nyegat bis ng classis kok, jare ne yo bis suroboyo”, begitu jawab ibuku. “yen ra ono yo nganggo bis jogja-solo
nggeh” jawabku.
Yaudah aku yo percaya percaya aja. Menuju classisnya aku bareng kakakku “mbak indah” yang mau berangkat kerja ke jogja. Lagian classis juga bisa sejalur dengan jogja.
Sampai di classis, lewatlah beberapa bus tapi itu bus jogja-solo selalu. Lalu ada satu bus Sumber Selam** lewat dan aku ngawe-awe tapi bus menolak untuk berhenti. “o berarti wes ora gelem mandek” begitu kesimpulanku.
yowes, ayo nyegat neng prambanan wae!” , ajak kakak ku.
opo mesti gelem mandek?” tanyaku ragu .
ho.o nho !!” jawab kakak yakin sekali.
“okelah, ayo prambanan” ajak ku.
Ya kami pun meninggalkan klaten menuju prambanan demi seekor bis Surabaya.
Sepanjang jalan aku hanya termenung diam memikirkan apa yang sedang ada dalam pikiran saya, bengong. Aku membayangkan, “wah nanti bakal dapat bus Surabaya, bis sumber kencono at obis mira, wah enaaak, AC segerr..rapopo saiki panas, tapi engko enak” J begitu pikirku sepanjang jalan sambil membayangkan aku di dalam bus.
Tapi aku juga kepikiran “bagaimana kalo tidak ada bus Surabaya?” oh NO !! “jam berapa ini, undangan pleno jam 8, sedangkan sekarang jam tengah 9 saya masih perjalanan menuju ke prambanan demi bus Surabaya!” “aaaah aku pasti telat , pakek sekali !!” aku mulai cemas. Sampai di pabrik susu SGM aku bertanya “jih adoh ya mbak?:o” .
ho.o wi, opo nyegat kene wae?” jawab kakakku.
ho.o wae mbak” begitu jawabku sambil melihat seberang jalan banyak bus Surabaya #ngiler.
Tapi si kakak terus melajukan kendaraan nya dengan kencangnya.
Yaudah aku percaya aja sama dia, “all is well all is well all is well” dalam hati.
Syukur Alhamdulillah setelah perjalanan puanjang……prambanan sudah terlihat, “mlebu terminal’e tho mbak?” tanyaku ke kakak.
ora, yon eng pinggir prambanan iku”,, oh yo
Lalu kami menunggunya di pinggiran.
1 bus jogja-solo lewat…. “bangeten ki yen wes tekan kene numpak.e bis jogja-solo” begitu gumel kakak.
hem…endii kiii bis suroboyone..” aku.
1 bus Surabaya lewat dengan kencang nya, miris atiku memanggil manggil. Lewat doank , gak mau berenti.!
Feeling ku mulai gak enak nih.
Lalu datang 1 bus, makin dekat makin kliatan, oh bus menuju solo tulisannya.
Kernet nya turun lalu “solo mbak solo !! solo !! solo !!” , “mau kemana mbak?” Tanya kernet itu kepada kami.
palur pak! Mandap mriku mboten?” Tanya kakak .
wes yo pokokmen munggah sik !!” seru kernet itu sambil ndorong-ndorong aku masuk ke dalam bus.
Lalu bus langsung melaju dengan pelannya, dan aku meninggalkan kakak ku tanpa pamitan karena terburu tadi.
Dalam bus aku cari tempat duduk sambil berpikir “wah iki aku diapusi, kok kernet e bilang wes pokokmen mlebu sik” . SIAL !! ternyata iya.
Aku duduk di samping ibu-ibu, tanpa melihat lihat aku terus berpikir. Lalu si kernet Tanya, “mau turun mana mbak? Palur?”.
iya pak..” [dalam hati aku sudah tau kalo nasib bus kayak begini nanti cumin sampai terminal tirtonadi solo.
ya nanti turun dulu di terminal terus ganti bus bayar 2000 turun palur” bilangnya kondektur santee…
iya pak “ jawabku jengkel sekali.
Dalam atiku dongkooLLLL banget.
Rasanya pengen nagisssss….aku inget perjuangan kakak ku ketika membawaku sampai prambanan, aku juga lihat dia berdebat dengan kernet waktu aku naik bus di dorong-dorong, dia juga sms “aku mau yo eyel-eyelan karo premane” , aku jadi inget yang semalem waktu dia nganter aku ke dokter gigi di jogja, waktu itu hari jumat aku pulang kuliah lalu naek prameks langsung turun ke jogja. periksa gigi, dLL“ . aku juga inget waktu pagi-pagi pas bapak ibu mau berangkat kerja, terlihat ibuku lemes, katanya ngantuk, lha tadi habis minum obat siih.. terus beliau beliau juga nyariin aku sangu “sangoni piro?” aku minta 20ribu buat ngebis, “lha po ra maem?” Tanya beliau. “mboten injooh, kan habis di ganti kawat belom bisa ngunyah, nanti pasti juga dapat maem kok” kataku ngayem-yemi.
Terusss teringat teringat semua jasa jasa mereka sehingga membuat air mataku menetes, campur aduk entah rakaruan rasanya.
Teriring lagu meloow yang dinyayikan pengamen, Aku mengusap air mataku dengan tidak menggagas orang orang di sekelilingku.
Kemudian satu lagu selesai dan pengamen pun berkata “sekian dari saya , apabila ada salah-salah kata, dan maaf bagi anda yang terusik masa lalunya” sambil ngelirik ke daerahku. SiaL !! huasyemmm tenan… aku bae ra gagas koe nyanyi opo mas mas . . mbok kiro aku nangisi lagumu opoh? –“ hih nih pengamen sok tau banget sih >.<’!~
Sambil sms’an, sambil netesin air mata, apalagi jika teringat kata-kata kakakku “bangeten yen wes tekan kene mung numpak bis jogja-solo” terus inget juga ketika kakak berdepat dengan kernet sialan itu. Makin netes nih.. aku mbatin, “ngopo yo ndadak tekan prambanan yen mung arep numpak bis jogja-solo, padahal buk.e mau yo pesen yen gak enek bis suroboyo bis jogja-solo wae”, hadeuuuh #apalah arti nglegani# , ya nglegani, kakak wes berusaha supaya aku dapat bis Surabaya. J .. hadeuuuh #apalah arti nglegani# .
Perjalanan bus jadi puanjaaan lamaaaa sekali, bayangpun !! prambanan-solo !! aku bakal telat pleno luamaa, ato bahkan nyampe sana mungkin wes bubar :o .
Sepanjang jalan dihiasi para pengamen dengan lagu lagunya yang aneh aneh penuh sindiran tapi juga masuk akal.
Bebrapa bait liriknya :
Pitik netes selikur dino
Yen netes yo ora podo
Podo mbi menungso
Ana ala lan becik
Ana loma lan pelit
Tanda tandane wong pelit
Ana wong ngamen wae etok etok turu karo ngempet ngguyu
Tanda tandane wong loma
Ana wong ngamen langsung ngrogoh duit
Penumpange ayu ngekek.i sewu
Penumpange bakul ngekek.i sewu mangatus
Cekap semanten atur kulo
Kulo nyuwun panguro lan arto
Jleb banget po ra ki ? _ ?
Ah aku lagek ra mut lek, untuk hari ini no fee for pengamen nggeh.
Ada lagi pengamen tapi masih anak-anak , ya kira kira anak kelas 6 SD, sama juga nyanyi pake bahasa jawa, dan beberapa liriknya nganyelke :
Kulo mang paringi arto
Mbok menawa ibu-ibu kulo mang pek mantu
Ingkang ngekek.i kulo ndongakne selamet
Ingkang mboten ugi kulo dongakne selamet
Nanging sithik
#sial
.
Ada lagi yang tiba tiba masuk terus berkata “saya ini hanya lah pengamen gila…
Bagi panjenengan yang sudah tua sudah berumur di atas 60 tahun, endak usah ngasih saya . Karena sudah lansia. Saya iba.”
Begitu juga dengan anda yang berusia dibawah 17 tahun juga tidak usah karena uang aja masih minta sama orang tua” . (#dalam hatiku, aku terhitung yang mana nih, aku kan juga masih minta orang tua)
Saya ini hanyalah pengamen gila” (#berkali kali terus ngomong kalo ‘pengamen gila’pengamen gila’, waaah bikin aku jadi takuuT_T, aku terus berdoa ALL IS WELL ALL IS WELL)
Lalu pengamen gila itu mulai membacakan puisinya yang gak jelas apalagi nadanya, #aneh deh . [sayang sekali aku tdk punya gadget yang mendukung, kalo ada pasti udah aku rekam..
Kemudian penutup, dia terus mengulangi kata” 60 keatas 17 kebawah
Lalu nyampe di aku, “anda nggak usah saja, masih kecil, masih sekolah di uns solo
Eh-? Aku terkejut. Bijimane dia tahu aku di uns :o . aku hanya mengangguk kecil. dan lewatlah pengamen gila itu.
..
Sampailah saya di terminal solo, lalu aku mencari angkot 03 menuju kampus. Angkot ini biasa lewat belakang kampus, toh aku juga mampir kos dulu.
Ya bbrapa menit kemudian, angkot 03 ada. Aku masuk , disitu Cuma ada 1 orang ibu-ibu. Lalu angkot jalan dengan siputnyaaaaa ~~ (pelan buwanget). huaaaaaaaaH . apalah arti bersabar. Ya aku menikmati sepanjang perjalanan dan kurang lebih empat puluh menitan lah ya, baru nyampe. Aku masih jalan menuju kos, ambil laptop dan bbrp proposal yang mau aku kumpulin ke SEKUM. Lalu menuju kampus tepat pukul duabelas kurang sepuluh aku masuk ruang rapat pleno !!
Heu heu , , jam berapa ini ?_? heheee.. telat banget ya saya, bbrp menit kmdian istirahat makan siang T_T !!
pleno selesai pukul 3 sore. next !! rencana selanjutnya mengikuti sidang umum, namun ,, apa yang terjadi?? ikuti cerita selanjutnya !! this link! :) staycun!

No comments:

Post a Comment