Tuesday, September 25, 2018

finally, Bandung lagi


Halo hai.. Assalamu’alaikum.. pada kangen nggak nih, setelah 3tahun vacuum dari per blog-an dan setelah 4tahun vacuum dari mbolang..
Oh, blogspot udah gak jaman ya? Udah kalah ama Instagram ya?
Biarlah. Aku pengen nulis aja, sapa tau tulisan ini bisa membantu orang. Selamat membaca.. jika jenuh, langsung close tab aja tak apa :)


kali ini pengen share aja pengalaman backpacker versi aku.

awal kenal backpacker saat aku kuliah, dan kota pertama yang aku dan kawan" kunjungi adalah kota BATU-MALANG, cekidot gan.!

backpacker paling menguras uang, tenaga, pikiran bahkan hati adalah kesini lhoo... ups rahasia ini, aku tidak banyak cerita, soalnya periih... kapan" deh ya..

belum lama ini, habis jalan" ke Bandung, iya Bandung lagi, masih dengan kaos yang sama "THANKS YOUR SM0KE MAKE ME DIE FASTER", gatau kenapa setiap jalan" jauh kaos ini selalu ada dlm tas..



dan kaos ini yang selalu ada menemani.

prepare sebelum berangkat :

  • tentukan tujuan mana saja yang akan dikunjungin
  • book tiket PP (kereta misalnya)
    • berangkat jumat sore, nyampe BDG sabtu pagi
    • balik minggu sore
  • book hotel selama disana
    • hotel saat sampai (dekat dengan stasiun, hanya untuk transit sebentar dan numpang mandi pagi, karena paginya itu langsung cus ke lokasi wisata)
    • hotel malam hari pertama (dekat dengan tujuan wisata hari ke dua)
  • putuskan apakah akan backpacker cara lama apa cara elit. cara lama itu menggunakan alat transportasi umum (red angkot) yang dimana dari sekarang kita harus membuat rute perjalanan dan angkot mana yang akan dinaiki turun dimana mana nya (ribet tapi seru), atau menggunakan cara elit, sewa mobil duduk manis sampai kemana-mana tanpa takut kesasar (nyaman antar jemput tujuan, tp mahal). kami memilih menggunakan sewa mobil, cari saja online sewa mobil bandung, 14 jam 550ribu dibagi ber 4 (kami rombongan ber 4)
  • buat perjanjian, estimasi waktu per lokasi 2 jam, misalnya

HARI 1


1 The Lodge Maribaya
mobil masuk kena biaya Rp 15.000. kemudian tiket masuk Rp 35.000 per orang, f.y.i baru dibuka pukul 09.00 kami membuat kesepakatan 2 jam untuk explore, ternyata isinya ya memang spot selfie saja, ada sepeda kayuh bayar lagi Rp 20.000, ada balon udara Rp 30.000 semua-muanya kalau pengen foto2 yang naik2 itu bayar. Terus lagi, kan disana ada fotografernya, nah kalau mau minta softfile fotonya bayar 1 foto 10.000. seru lagi ternyata setiap tiket kita dapat free 1 gelas susu dan vocer makan Rp 10.000 , waktu itu aku beli makanan khas bandung, namanya COLENAK. Em.. rasanya itu... semacam peyem di kasih kuah gula jawa. Lanjut lokasi ke-2
2 Taman Begonia
Ya memang Cuma taman bunga, ada banyak bunga2 gitu. Harga tiket masuk Rp 15.000. kita disana 2 jam sudah lumayan puas.. Saat itu pas tengah hari panas bgt dah, untung setiap wisatawan yang masuk di kasih pinjem topi kebon gtu..
3 Orchid Forest Cikole Bandung
Ini adalah tempat yang paling aku suka selama jalan2.. disini kita di hutan yangbersih sih dan rapih bgt. Mata kita serasa segarkembali, udara suejuk rek. Dan yang apling aku suka, aku nemu Mushola Wanita, bersih dan enak gitu. TOP deh. Harga tiket Rp 35.000. Free air mineral 330ml. Lanjut, jam 2 siang rencana kita ke Floating Market Lembang untuk makan siang saja.
4 Floating Market
Perjalanan ke floating market sudah lewat tengah hari,artinya Bandung memasuki jam jam macet parah. Perjalanan lumayan lama, sejam mungkin ada, sampai akhirnya di lokasi puenuh sekali dan mobil kami tidak bisa masuk, diturunkanlah kami dipinggir jalan, kemudian jalan kaki tidak jauh kok. Loket masuk Rp 10.000 dan itu ditukar dengan segelas susu (lagi). Sebenernya kalaupun tidak beli tiket kayaknya tidak apa ya. Didalam ada apa? Ada negeri dongeng, mau masuk? Bayar lagi.. gausah aja deh. Langsung ke  bagian yang jual-jual makanan. Masih jam 4, kita mengejar Farm House semoga belum tutup, lanjut deh perjalanan ke Farm House.
5 Farm House
Harga tiket Rp 25.000 isinya? Ya buat foto2 juga, ada taman, ada penyewaan baju-baju putri  belanda gitu.. banyak deh .. Tetot,belum magrib kami udah keluar,tiket bisa dituker susu (lagi), kenyang susu segar deh kita. Lanjut tujuan terakhir di hari pertama yaitu  ceritanya mau ke Lereng Anteng. Nongki malam semacam di bukit bintang, khayalannya sih gitu.
6 Lereng Anteng
ZONK.!! 
perjalanan 3 jam, macet parah, gils. Ujung bandung ke ujung ceritanya, sampai sana sudah jam 8 malem, rame full mobil juga, and nothing. Kita Cuma nemu rumah harry potter, foto aja antre. 
mau masuk bayar gak ? 
iya 10.000 tp ternyata dapat vocer di tukar dengan makanan yang ada di Dago bakery.
kezel deh, langsung aja balik ke penginapan.

HARI 2 


Tujuan Bandung Kota sekaligus mendekat dengan stasiun bandung.
  1. menuju Alun-alun, jalan Asia Afrika, eh ketemu deh tulisan  nya Kang Pidi Baiq yang selama ini aku cari-cari.
  2. sarapan di Kuliner Balonggede
  3. menuju tempat oleh-oleh Kartika
  4. jalan-jalan ke Cihampelas Walk (Ci-Walk) tujuannya cuma mau nyari CAKEKINIAN , minum" di starbuck dan numpang sholat dhuhur
  5. PVJ, penasaran kan ya... katanya mall nya beda drpd yg lain, ada zoo nya gitu, o.m.g ternyata ya sama aja sih, cuma dia itu guedeee asli bikin capek, udah lemes nih kaki gendong2 tas berat.
  6. menuju stasiun bandung, takut ditinggal kereta. hahaa

beda ya, jaman kuliah dl masih primitif low budget, jaman sekarang dimana-mana sudah ada ojek online, tinggal deh cek tujuan order sampai, gak pake mikir arah kemana milih angkot nomor berapa turun dimana tepatnya.
yagitudeee perkembangan jaman, kalau backpacker versimu gimana ?
share yuk...


ininih kawan-kawan aku.
tips :
^ pisahkan  tas pakaian dengan dompet (uang, tiket prjalanan, kartu, atm), misal dengan membawa tas kecil yang selalu di depan kaya aku itu...
^ jangan bawa baju aneh2, bikin tas berat.
^ pake sepatu kets atau sepatu yang nyaman, karena kaki pasti capek.

No comments:

Post a Comment